Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

About May 23, 2009

Kepada pembaca blog Dewan Riset Daerah Bengkulu, blog ini telah diubah nama dan alamatnya. Nama barunya adalah “Jurnal Bengkulu Mandiri” dengan alamat https://usantoso.wordpress.com. Perubahan nama dan alamat blog ini dimaksudkan untuk memperkuat bahwa blog ini tidak mewakili Dewan Riset Daerah Bengkulu. Dewan Riset Daerah Bengkulu sendiri dalam waktu yang tidak lama akan muncul dengan website yang resmi.

Demikianlah pemberitahuan dibuat untuk dapat dipahami.

Dewan Riset Daerah (DRD) Propinsi Bengkulu dibentuk dengan Keputusan Gubernur Propinsi Bengkulu nomor G. 122  xxxii Tahun 2009. Pengurus Dewan Riset Daerah dilantik oleh Gubernur pada tanggal 20 Mei 2009. Adapun tugas DRD adalah: 1) memberi masukan kepada Pemerintah Daerah untuk menyusun arah, prioritas serta kerangka kebijakan Pemerintah Daerah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni (IPTEKS); 2) mendukung Pemerintah Daerah melakukan koordinasi di bidang IPTEKS dengan kabipaten/kota; 3) melakukan evaluasi terhadap rencana dan hasil penelitian dan pengembangan yang bersumber dari dana APBD.

Adapun fungsi DRD Provinsi Bengkulu adalah:  Memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu berupa pemikiran dalam rangka: a. Pemetaan kebutuhan IPTEKS; b. Mencari, memenuhi, merumuskan kebijakan dan arah pembangunan IPTEKS sesuai potensi keunggulan yang dimiliki; c. Menentukan prioritas utama dan peringkat kepentingan permasalahan riset IPTEKS; d. Pemantauan, penilaian, evaluasi terhadap arah kebijakan IPTEKS.

Saran dan kritik oleh pembaca kepada DRD sangat diharapkan guna kemajuan Propinsi Bengkulu.

 

10 Responses to “About”

  1. santoso Says:

    Saya berharap DRD Propinsi Bengkulu mampu berkiprah dalam pembangunan di Propinsi Bengkulu.

    • drdbengkulu Says:

      Ya, saya berharap juga demikian. Kami akan bekerja keras untuk kemajuan Bengkulu khususnya di bidang ipteks. Namun, semuanya ini juga bergantung kepada support dari pimpinan di Propinsi Bengkulu, khususnya anggaran yang memadai. Memang dalam sambutannya Gubernur menyatakan akan mendukung DRD dan siap memberikan anggaran berapapun asal ada produk yang jelas. Tentu ini merupakan support bagi kami. Kami akan mencoba memberikan yang terbaik bagi Bengkulu.

  2. yun wh Says:

    Saya baru tau ada namanya DRD Prov Bengkulu, ya alhamdllah sudah ada. mudah2an saja bisa sangat membantu kemajuan prov bengkulu.
    “….Gubernur menyatakan akan mendukung DRD dan siap memberikan anggaran berapapun asal ada produk yang jelas”

    mudah2an saja begitu, jangan pakai uang sendiri dulu sampai resetnya selesai baru anggarannya bisa cair, saya kira bagimana solusi terbaiknya supaya anggota DRD lebih bersemngat dan tidak setengah hati dalam melakukan berbagai reset di daerah.

    • drdbengkulu Says:

      ya akan kami coba membantu kemajuan Bengkulu, hanya saja anggarannya nich seret deh.

      • Saherman Says:

        Setiap kali berdialog dengan aparat pemerintah, entah kenapa selalu saja mereka mengeluhkan soal dana yang seret. Demikian pula di sini.

        Pertanyaan saya, kalau memang dananya seret, kenapa pula mendirikan DRD ini? Apa visi dan misinya memang susah dicapai? Kalau memang demikian, ya sudah. Tutup saja sekalian.

        Menurut saya, berhentilah mengeluhkan soal dana yang seret. Jalin kerjsama dengan pihak-pihak yang bisa membantu, baik dari bantuan pemikiran maupun bantuan dana. Jangan mau menyerah dengan keterbatasan dana Pemerintah, sebab Pemerintah sesungguhnya memang tak serius dalam pembangunan daerah.

        Kalau DRD ini merupakan bagian dari Pemerintah Daerah, ya sudah, saya menduga ini hanyalah upaya cari cara untuk menghabiskan anggaran saja.

        Please, buktikan kalau asumsi saya salah semua. Juga, tolong dong jangan mengeluh lagi. Katanya mau memajukan Bengkulu….

      • drdbengkulu Says:

        Kami tentu saja berusaha membangun Bengkulu. Semua artikel yang kami tayangkan diperoleh gratis. Aktivitas-aktivitas yang kami lakukan sekarang ini atas biaya pribadi termasuk pengelolaan blog ini, belum ada satu rupiah pun anggaran yang kami terima. Anda pasti paham bahwa untuk membangun Bengkulu diperlukan energi. Nah, dana pribadi tentu sangat terbatas. Kalau pemikiran-pemikiran terus kami usahakan. Jika Anda punya ide/gagasan silahkan kirim ke santosoburgo@yahoo.com. tq.

      • sari Says:

        Saya yakin dewan riset akan sepenuh tenaga berusaha seoptimal mungkin. Saya sudah membaca berbagai artikel yang merupakan pemikiran-pemikiran yang baik. Saya berharap ini menjadi perhatian Pemda dalam membangun Bengkulu. Memang tanpa energi yang memadai sulit dihasilkan sesuatu tinggi nilainya. Tapi saya berharap DRD tetap berjuang mencari peluang. Saya sadar bahwa untuk mencari peluang pun diperlukan dana yang tidak sedikit, misalnya untuk transportasi di berbagai daerah. Saya salut DRD telah berusaha bekerja walau harus mengeluarkan dana pribadi. DRD sangat penting bagi kemajuan Bengkulu. Ayo kita dukung bukan sekadar mengkritik tapi tidak memberikan solusi.

      • drdbengkulu Says:

        Tentu saja kami akan berusaha seoptimal mungkin. Kami tentu saja mohon bantuan dari semua pihak. Pertama, kirimkan ide atau gagasan Anda ke santosoburgo@yahoo.com. Kedua, info mengenai penyandang dana yang bersedia bekerjasama dengan DRD. Kami sudah berusaha menghubungi berbagai pihak, tapi belum menuai hasilnya. tq.

  3. Aben C Hanafia Says:

    Bismillah,
    Assalammualaikum.
    Saya Ingin Bertanya Sejauh Ini Bagaimana Kemajuan Dewan RISET dan Apakah ada Hubungannya Dengan RISET MAHASISWA ? Jazzakallahu Khayron

    • drdbengkulu Says:

      Dewan Riset Daerah tidak ada hubungannya dengan riset mahasiswa. DRD hanya betugas memberikan masukan kepada gubernur dalam hal kebijakan iptek. Jadi DRD tidak melakukan riset dan tidak punya dana untuk riset. Tks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s