Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Memantapkan Langkah July 27, 2012

Filed under: Uncategorized — Urip Santoso @ 10:28 am
Tags:

Diskusi kecil mengenai langkah konkrit budidaya bandeng umpan digelar secara informal. Hadir dalam diskusi ini Prof. Urip Santoso, Iskandar Ramis (Ketua Bengkulu Menuju Samudra), Herman Efendi, Deddy Bachtiar, Eddy PH. Dalam diskusi ini Iskandar Ramis menyampaikan konsep Bengkulu Menuju Samudra (BMS). Dijelaskan bahwa BMS tidak hanya menangani budidaya bandeng umpan, tetapi ini adalah langkah awal saja. Harapannya nantinya dikembangkan program-program yang dapat menggali kekayaan laut Bengkulu.

Terkait dengan langkah awal budidaya bandeng umpan, telah dilakukan langkah-langkah antara lain menyiapkan tambak seluas 4 ha. Memang masih terdapat kekurangan dana sebesar Rp 29.000.000,- untuk mewujudkan pengembangan bandeng umpan seluas 4 ha tersebut. Mengenai pasar bandeng umpan itu sudah jelas, yaitu dari Sumatera Barat, yang membutuhkan bandeng umpan 400.000 ekor/2 minggu. Dalam waktu dekat Eddy Ph akan kesana untuk memastikannya. Mengenai kekurangan dana untuk kegiatan tersebut menurut iskandar Ramis sudah ada yang sanggup menginvestasikannya.

Iskandar Ramis menyampaikan bahwa jika langkah awal ini berhasil, maka akan dikembangkan tambak seluas 300 ha yang letaknya di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Dalam waktu dekat BMS akan melayangkan surat kepada dinas terkait untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

Eddy Ph menyampaikan mengenai upaya riset di budidaya bandeng umpan dimana bertujuan sebagai pembanding dengan tambak masyarakat. Diharapkan hasil riset nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan tambak-tambak yang dikelola oleh masyarakat agar hasilnya lebih baik dengan mutu yang lebih baik pula. Dana riset diharapkan diperoleh dari Pemerintah Provinsi  Bengkulu melalui Balitbangstada Provinsi Bengkulu.

Diskusi dilanjutkan dengan hal-hal teknis terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan di lapangan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s