Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Diskusi Bandeng Umpan Tak Membawa Hasil July 18, 2012

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 7:20 pm
Tags:

Diskusi tentang budidaya bandeng umpan dilanjutkan pada tanggal 18 Juli 2012. Diskusi dipimpin oleh Asisten 3 Provinsi Bengkulu. Hadir dalam diskusi ini perwakilan BNI dan BI, jamsostek, DKP Provinsi, DKP Kota, DRD, Tim 7 BMS, petambak, Kadin dll.

Inti pokok diskusi adalah sebagai berikut:

1)      Pihak bank dan Jamsostek dapat mengucurkan kredit dengan prosedur yang berlaku.

2)      Pemda mendukung bandeng umpan untuk tahun 2013. Untuk itu paling lambat bulan Agustus petambak harus mengajukan proposalnya. Pemda bisa memberikan hibah kepada kelompok, dengan cara mengajukan proposal ke Pemda, tapi dananya bias dicairkan tahun depan (2013). Kelompok harus membentuk kelompok secara resmi sehingga bias mendapat hibah. Proposal paling lambat bulan Agustus 2012. Hibah sekali saja hanya untuk membantu kelancaran usaha. Pemda siap membantu/mendukung kegiatan tersebut. Juga Pemda siap memberikan dana untuk penelitian  sebagai pembanding sehingga usaha bandeng umpan bias berkembang lebih baik.

3)      Tim 7 BMS: Ini langkah awal dan harus sukses. Jika gagal maka gagal semua. Tuna Bengkulu diambil oleh pengusaha Padang dan Jakarta. Kita ingin kerjasama dengan memasok bandeng umpan. Sebab mereka kekurangan bandeng umpan. Mereka butuh 400.000 ekor/2 minggu. Tinggal kekurangan dana Rp 50.000.000,-

4)      Diskusi ditutup tanpa ada solusi untuk mendapatkan kekurangan dana sebesar Rp 50.000.000,-

Setelah memperoleh kepastian tidak ada solusi tentang kekurangan dana, maka diputuskan oleh  Tim 7, penyandang dana dan petambak untuk tetap meneruskan langkah untuk budidaya bandeng umpan dengan dana yang ada sambil mencari sumber dana lain.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s