Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Diskusi Rencana Aksi Bandeng Umpan July 10, 2012

Filed under: Peternakan — Urip Santoso @ 3:18 pm
Tags: , ,

diskusi tentang rencana aksi bandeng umpan dilaksanakan di Kantor Gubernur tanggal 10 Juli 2012 jam 12.00. Hadir dalam diskusi ini antara lain Ketua DRD, Kadin, BPD, DKP Provinsi, DKP Kota, petambak (4 orang), Biro Ekonomi Pemprov, Tim 7 yang diketuai oleh Iskandar Ramis, dan lain-lain. Dalam diskusi dibahas tentang bagaimana memperoleh dana usaha bandeng umpan sebagai pinjaman bagi petambak sebesar Rp 125.000.000,-

1)      Iskandar Ramis: Pemeliharaan ekonomis-bisnis, menghidupkan jiwa kewirausahaan. Maka perhitungan laba-rugi, bukan mencari bantuan. Dalam jangka 3 bulan sudah ada panen bandeng umpan! Maka menginginkan permodalan segera terwujud, tidak melalui jalur biasa. Caranya? Dari 4 pembudidaya sudah siap; pihak bank bagaimana? Kalau bisa hari ini MoU, besok bisa aksinya. Nominal berapa? Atau dari pengusaha/penyandang dana. Ada 4 proposal butuh  antara 20.000.000; 34.000.000 sampai 48.000.000,- (Iskandar Rais). Total dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bandeng umpan sebanyak Rp 125.000.000,-  Kalau perlu dana pribadi. Besok sudah bisa pesan bibit (nener).

2)      Kadin: Secara pribadi saya meminjamkan untuk pak Rahman Rp. 10.000.000,-,

3)      Pak Iskandar Ramis meminjamkan Rp 10.000.000,- (selesai butuh 20 juta). Syarifuddin : pak Iwan bisa memberikan pinjaman   1 tambak (Rp 34.000.000). Untuk Pak Rusli: pak Ismail member pinjaman Rp 10.000.000; pak Urip Santoso memberi pinjaman 10.000.000,-

4)      Jadi total kekurangan dana usaha bandeng umpan sebesar Rp 50.000.000,- Bagaimana dengan DKP Provinsi, DKP Kota dan BPD?

5)      BPD: Dari sisi bank harus melalui procedural seperti proposal kajian usaha; perlu aspek teknis perbankan. Harus dikaji dan dianalisis. Disarankan untuk mengajukan dana CSR.

6)      DKP: kami mempunyai program tersebut dan kami siap memfasilitasi tetapi tentu saja melalui prosedur yang biasa, sebab jika tidak melalui proses yang seharusnya akan timbul masalah, dan ini tentu saja akan menyulitkan institusi. Kami juga dapat menghubungkan dengan bank.

7)      Tanggapan Iskandar Ramis: Saya paham bahwa bank dan DKP membutuhkan mekanisme yang jelas, pengajuan proposal dan dikaji dulu. Tapi oleh karena ini petambak membutuhkan dana yang segera  maka diharapkan dipinjamkan terlebih dulu dari dana lain yang segera bias digunakan.

8)   Tanggapan Ketua DRD (Urip Santoso): kalau melalui proses biasa baik bank maupun DKP tentu saja tidak bisa diperoleh dana dalam waktu dekat untuk mencukupi kekurangan dana tersebut, maka bagaimana kalau dana taktis pada DKP atau BPD?

9)   Tanggapan DKP dan BPD: akan kami komunikasikan dengan pimpinan. Pada dasarnya kami siap membantu tapi tidak bisa segera karena diperlukan proses sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penutup:

Diskusi akan dilanjutkan hari Kamis tanggal 12 Juli 2012 untuk membahas kekurangan dana yang dibutuhkan, dan rencana aksi berikutnya setelah terkumpul dana yang dibutuhkan. Yang menjadi catatan penting adalah bahwa dana tersebut bukan dana pemberian tetapi merupakan dana pinjaman untuk petambak dan diperhitungkan sebagai saham usaha yang akan diperhitungkan labanya.  Secara detail mekanismenya akan didiskusikan lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s