Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Pembenahan DRD Provinsi Bengkulu June 18, 2012

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 6:01 pm
Tags:

Berdasarkan studi banding ke DRD Jawa Tengah dan DRD Sulawesi Selatan, maka DRD Provinsi  Bengkulu akan dikembangkan. Hal ini telah disepakati bersama baik oleh DRD,  Balitbangda, Bappeda Provinsi maupun oleh Plt. Gubernur. Mulai tahun 2013, kinerja DRD Bengkulu akan ditingkatkan, dan diminta mengkaji dan memberikan rekomendasi kepada Gubernur mengenai pemecahan masalah yang dihadapi oleh Gubernur dan masyarakat.

Oleh karena masalah yang harus dipecahkan oleh DRD itu beragam dan meliputi semua aspek ipoleksosbudhanham, maka anggota DRD akan dibagi sesuai dengan bidang ilmu yang dibutuhkan. Sebagai konsekwensinya, anggota DRD akan lebih banyak. Disadari bahwa tidak semua aspek kajian sudah ada pakarnya di Bengkulu. Oleh sebab itu, manakala dibutuhkan pemecahan masalah yang belum ada SDM-nya, maka DRD & Balitbangda akan menjalin kerjasama dengan pihak lain di luar Bengkulu yang memiliki SDM yang dibutuhkan, misalnya dengan LIPI.

Upaya pengembangan DRD dan balitbangda ini menunjukkan bahwa sosialisasi pentingnya riset dan pengembangan bagi perencanaan dan pemecahan masalah  sudah mulai disadari dan diterima oleh petinggi di Pemerintah Daerah tingkat provinsi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s