Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Bengkulu Menjangkau Samudra April 21, 2012

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 6:34 am
Tags: , ,

Tanggal 19 April 2012 Dewan Riset Daerah Bengkulu menggelar focus group discussion (FGD) dengan tema Bengkulu Menjangkau Samudra. Tema ini disampaikan oleh Tim 7 yang diwakili oleh Iskandar ramis dan Eddy Prihantono. Hadir dalam diskusi ini Staf Ahli Kemendag (Yurisman Star, SE., M.Si., Kepala Sekretariat Dewan Kelautan Nasional Kemendag, Dr. Ir. Syahrowi R. Nusir, MM, Asisten II Pemda Provinsi Bengkulu (Drs H. Zainal Abidin, komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Kepala BPP Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas perindang, Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, Ka/Sesban Bappeda Provinsi Bengkulu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Kepala Cabang BI Bengkulu, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan provinsi Bengkulu, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu, PT Pelindo, kadinda Provinsi Bengkulu, Tim 7 Kelautan provinsi Bengkulu dan anggota Dewan Riset Bengkulu. Hasil diskusi memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1)      Ada 3 isu terkait dengan pelaksanaan “Bengkulu Menjangkau Samudera” yaitu regulasi/kebijakan Pemda, sumberdaya manusia, yaitu perlu adanya perubahan paradigm masyarakat nelayan dari orientasi PNS/pegawai menjadi nelayan, dan dana (di Kementerian Kelautan banyak dan ini perlu jemput bola dengan catatan program yang disampaikan harus jelas).

2)      Program di tingkat pusat mengenai kelautan hanya terserap sedikit, sementara Bengkulu belum menyerap dana pusat tersebut. Di tingkat pusat, banyak program dari Bengkulu yang dicoret atau dikesampingkan dikarenakan banyak faktor. Untuk itu, Pemda Bengkulu perlu membangun jejaring yang kuat agar dapat menyerap dana dari pusat.

3)      Laut Bengkulu mempunyai potensi yang tinggi tetapi belum dikelola dengan baik, padahal seharusnya Pendapatan Asili Daerah (PAD) seharusnya sebagian besar dari kelautan.

4)      Perlu adanya sinergitas antara program daerah dengan pusat agar bisa memperoleh dana dari pusat.

5)      Membangun minapolitan di Provinsi Bengkulu terfokus pada tuna, bandeng dan ikan ekonomis laut lainnya.

6)      Perlu penelitian terkait dengan rencana kegiatan minapolitan yang dapat dikembangkan dari sector hulu sampai hilir.

7)      Perlu peningkatan sumber daya manusia (nelayan) dan sekaligus masuknya pengusaha. Untuk itu perlu adanya pembagian wilayah tangkap antara nelayan dengan pengusaha besar.

8)      Perlu adanya kebijakan Pemda untuk mendorong masuknya investasi dan membangun infrastruktur.

9)      Perlu dibentuk tim kerja dengan SK Gubernur untuk merumuskan menjadi bahan program daerah kepada pemerintah dan swasta.

10)   Komitmen seluruh jajaran Pemda untuk mengangkat “Bengkulu menjangkau Samudra” sebagai ikon pembangunan daerah.

11)   Prioritas kegiaatan sbb.: memfungsikan tambak guna pemeliharaan bandeng umpan dengan membuat program daerah, melaksanakan penangkapan tuna dengan kapal long-line, menjadi pemasok tuna ke sumatera Barat.

Tindak Lanjut:

1)      Membentuk tim kerja “Bengkulu Menjangkau Samudera” dengan SK Gubernur untuk merumuskan “Bengkulu Menjangkau Samudera” menjadi bahan program daerah kepada pemerintah dan swasta.

2)      Membangun Sistem Inovasi Daerah (SIDa) minapolitan terfokus pada pengembangan teknologi tuna, bandeng dan ikan laut ekonomis lainnya.

3)      Mensinergiskan program Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat (Kementerian Kelautan dan Perikanan).

4)      Membangun jejaring yang kuat di antara semua stakeholders baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s