Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Diskusi Tentang Program Swasembada Daging 2014 di Provinsi Bengkulu November 2, 2011

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu mengadakan diskusi tentang program swasembada daging  2014 di Provinsi Bengkulu hari Rabu kemarin tanggal 2 Nopember 2011. Hadir sebagai pembicara Prof. Ir. Urip Santoso, M.Sc., Ph.D. Hasil diskusi ini direncanakan akan disampaikan ke Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sebagai sumbangsih pemikiran dari Jurusan Peternakan.

Beberapa rekomendasi telah dihasilkan dalam diskusi tersebut, antara lain: 1) Pemda membuat konsep pengembangan swasembada daging yang sesuai dengan karakteristik Bengkulu; 2) Pemda perlu membuat pemetaan potensi peternakan di Provinsi Bengkulu; 3) Konsep Sarjana Membangun Desa perlu disesuaikan dengan potensi daerah; 4) Pemda bersama industri perlu membangun sentra bibit skala besar; 5) Pemda bersama industri perlu mengembangkan perusahaan peternakan skala usaha besar dengan tetap membina peternak kecil.

“Masih ada beberapa rekomendasi lainnya. Semuanya itu akan disusun dan dievaluasi lagi baru kemudian hal ini akan disampaikan ke Pemda melalui Dewan Riset Daerah,” ujar Ketua Jurusan Peternakan, Ir. Hardi Prakoso, M.P. Ketua Dewan Riset Daerah, Prof. Ir. Urip Santoso, M.Sc., Ph.D menyambut baik diskusi ini. “Mudah-mudahan ke depan banyak sumbangan pemikiran bagi kemajuan Provinsi Bengkulu,” ujarnya. “Dewan Riset Daerah memang mempunyai kewajiban sebagai mediator atau fasilitator antar stakeholders di Provinsi Bengkulu. Sumbangan pemikiran dari Perguruan Tinggi memang sangat diharapkan oleh Pemda,” lanjutnya.

FGD Swasembada Daging 2014

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s