Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Sambutan Ketua DRD Bengkulu dalam Rapat Koordinasi dengan DRN, Pemda dan DPRD October 9, 2011

Filed under: Umum — Urip Santoso @ 10:36 pm
Tags: , , ,

Yang saya hormati Bapak Gubernur Provinsi Bengkulu

Yang saya hormati Bapak Sekda Provinsi Bengkulu

Yang saya hormati Sekretaris Dewan Riset Nasional

Yang saya hormati anggota DPRD Provinsi Bengkulu

Yang saya hormati Kepala Bapeda dan Kepala Balitbangda selaku wakil dan sekretaris DRD.

Yang saya hormati anggota DRD Provinsi Bengkulu serta para undangan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan hidayah dan inayahNya kepada kita semua, sehingga kita bisa bertemu di pagi hari ini. Salawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad saw yang telah mengentaskan kita dari zaman jahiliyah.

Hadirin yang saya mulyakan

Dalam laporan World Economic Forum tahun 2010 indeks daya saing global Indonesia menduduki peringkat ke-44. Dalam indeks tersebut faktor inovasi dan sofistikasi bisnis mengalami kenaikan sedangkan faktor kesiapan teknologi masih pada peringkat yang rendah. Jadi meskipun dari sisi  kemampuan iptek sudah meningkat tetapi dari sisi pemanfaatan iptek masih lemah.

Hadirin yang saya mulyakan

Negara yang maju adalah negara yang menguasai iptek. Negara yang maju adalah negara yang mengedepankan riset sebagai ujung tombak bagi pengambilan kebijakan dan keputusan di negara tersebut. Jepang, misalnya, selalu mengedepankan riset  sebagai dasar bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di segala bidang.

Demikian pula bagi daerah. Kemajuan daerah dan berhasil tidaknya pembangunan di daerah tersebut sangat bergantung kepada perencanaan dan pelaksanaan kebijakan yang tepat sasaran. Untuk itu,  riset harus dijadikan ujung tombak bagi pengambilan kebijakan dan keputusan di Provinsi Bengkulu.

Banyak kebijakan dan program yang provinsi ini yang tidak tepat sasaran, sehingga pembangunan di provinsi ini sangat lambat jika dibandingkan dengan daerah lain. Untuk mengejar ketinggalan kita, maka sejak sekarang mari kita kuasai iptek dan mari kita jadikan riset sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan di provinsi yang kita cintai ini.

Hadirin yang saya mulyakan

Kendala dalam pembangunan daerah Provinsi Bengkulu antara lain lemahnya sumber daya manusia, perencanaan pembangunan yang kurang terfokus pada potensi unggulan dan kebutuhan yang mendesak, serta masih kurangnya pendayagunaan pakar keilmuan dan hasil kajian keilmuan. Pelaksanaan penelitian dan pengkajian keilmuan di Bengkulu belum terfokus dan belum merupakan kerja budaya yang dilandaskan pada kebutuhan pembangunan di daerah. Sementara, Badan Penelitian dan Pengembangan belum cukup berdaya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kesemuanya disebabkan belum adanya sistem penelitian dan pengembangan daerah yang baku, yang secara jelas memberikan visi, misi dan strategi penelitian dan pengembangan. Kondisi ini bermuara pada pengambilan kebijakan pembangunan yang tidak didasarkan atas pertimbangan ilmiah.

Hadirin yang saya mulyakan

Sejak didirikan tahun 2009 sampai saat ini DRD Provinsi Bengkulu belum banyak  berperan, padahal di era otonomi dan persaingan global, DRD yang kuat bisa menjadi motor pembaruan dalam memperkuat sistem inovasi dan pembangunan daerah. Untuk itu, DRD Provinsi Bengkulu perlu diperkuat, dengan cara menjadikan DRD sebagai berikut.

  • berkemampuan melaksanakan tugas dan fungsi pokoknya sebagaimana dituangkan dalam UU No. 18/2002)
  • berkemampuan merespon isu strategis yang relevan dengan pembangunan di Provinsi Bengkulu
  • menjadi kelompok yang berwibawa dan berpengaruh dalam kebijakan publik yang relevan dan dalam perbaikan kebijakan
  • memiliki kepioniran dalam perbaikan kebijakan.

Untuk itu, dukungan dari Pemerintah Daerah, DPRD, Balitbang, SKPD selingkung Provinsi Bengkulu,  para akademisi, dunia usaha dan tokoh masyarakat serta Dewan Riset Nasional sangat penting bagi penguatan DRD Provinsi Bengkulu.

Demikianlah, semoga DRD Provinsi Bengkulu mampu berperan aktif dalam pembangunan dalam arti memberikan masukan yang strategis dan akurat kepada Pemerintah Daerah bagi kemajuan Provinsi Bengkulu.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Catatan; Rapat koordinasi tanggal 10 Oktober 2011

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s