Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Problematika Dewan Riset Daerah Bengkulu September 29, 2011

Filed under: Uncategorized — Urip Santoso @ 7:16 am
Tags:

1)      Dewan Riset Daerah (DRD) harus mampu mencari solusi berbasis penelitian terhadap berbagai topik-topik aktual yang krusial di provinsi Bengkulu. Cukup banyak topik-topik aktual yang memerlukan masukan konprehensif berbasis riset yang sangat dibutuhkan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota di Bengkulu dalam mengambil kebijakan publik yang berpihak kepada masyarakat.

2)      Hasil riset dampaknya harus mampu mendorong dan menjadi  stimulan bagi pertumbuhan ekonomi dan kepentingan kesejahteraan masyarakat,

3)      Harapannya berbagai kebijakan publik yang akan diambil pemerintah daerah harus benar-benar berbasis penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

4)      Dewan riset harus bersinerji aktif dengan Pemprovsu khususnya Badan Litbang.

5)      Dewan riset harus setiap saat berkomunikasi dengan pemerintah daerah menyampaikan ide dan pemikirannya.

6)      Dewan Riset diharapkan menyampaikan hasil kegiatan setiap 6 bulan dihadapan  para pengambil kebijakan.

7)      Juga diingatkan agar dewan riset memberikan hasil penelitian secara jujur tanpa rekayasa. “Hasil riset tidak boleh diwarnai suatu kebohongan. Sebab apabila suatu kebijakan diambil berdasarkan hasil penelitian yang jelek, apalagi dipenuhi kebohongan, tentu hasilnya akan jelek pula.

 

Hambatan yang Dihadapi DRD Bengkulu

1)      Anggaran DRD masih sangat kecil. Anggaran yang ada sekarang hanya untuk kegiatan operasional rutin. Belum ada anggaran untuk melakukan kajian-kajian  strategis sehingga dapat memberikan solusi yang akurat bagi pengambilan keputusan para pengambil kebijakan.

2)      DRD tidak dapat mengelola anggaran secara langsung, sehingga terselenggaranya kegiatan DRD bergantung kepada Balitbangprov tempat DRD  beraktivitas. Akibatnya, DRD  belum mampu bekerja independen.

3)      Belum  ada data dasar mengenai aktivitas penelitian di Provinsi Bengkulu dan data dasar strategis lainnya yang dapat diakses dengan mudah oleh DRD.

 

Solusi:

1)      Anggran DRD ditingkatkan.

2)      DRD secara langsung dapat mengelola anggarannya, atau jika secara institusi tidak bisa karena DRD merupakan institusi nonstrultural, diharapkan Balitbangprov  bisa member keluasaan kepada DRD dalam penggunaan anggaran.

3)      Untuk itu diharapkan setiap institusi mempublikasikan data dasar secara online.

4)      Perlu melakukan lobi-lobi informal baik kepada pihak eksekutif, legislatif maupun swasta dalam rangka memperoleh anggaran yang memadai bagi aktivitas DRD.

5)      Mencari sumber-sumber dana yang independen bagi kegiatan DRD.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s