Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Diskusi Penyusunan Agenda Riset Daerah September 29, 2011

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 7:26 am
Tags: ,

Tanggal 21 September 2011 yang lalu, DRD Bengkulu menggelar rapat yang dihadiri oleh anggota DRD, Kepala Balitbangda, dan Bappeda Provinsi serta Kabupaten/Kota. Dalam rapat tersebut dibahas tentang penyusunan Agenda Riset Daerah Bengkulu 2012-2015. Berikut intisari rapat tersebut.

Tugas DRD memang tidak meneliti secara langsung, tetapi berupa rekomendasi /pemikiran terhadap kebijakan atau strategi riset yang harus dikembangkan di Bengkulu.

  1. Agenda Riset Daerah

Kebijakan strategis pembangunan daerah (JaKSTRADA) Iptek Provinsi Bengkulu meliputi 7 prioritas, yaitu: 1) ketahanan pangan, 2) energi, 3) teknologi dan manajemen transportasi, 4) teknologi informasi dan komunikasi, 5) teknologi pertahanan dan keamanan, 6) teknologi kesehatan dan obat, 7) teknologi pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Jakstrada: Bengkulu Menyala.

Jakstrada masih bersifat umum, maka diperlukan dokumen Agenda Riset Daerah (ARD) yang menguraikan detail prioritas penelitian yang diutamakan untuk dilaksanakan guna mencapai tujuan/sasaran tertentu.

Setiap poin dari jakstrada perlu diuraikan tentang latar belakang permasalahan, arah kebijakan dan prioritas utama dan target capaian pada akhir periode ARD (2015) untuk masing-masing bidang.

Untuk menyusun ARD, dibutuhkan dokumen: 1) potensi daerah di setiap kab/kota, 2) RPJM & RPJP Provinsi Bengkulu, 3) Pemetaan Riset, 4) Bengkulu dalam Angka, 5) dokumen lain yang mendukung (Sistem Inovasi Nasional, Sistem Inovasi Daerah, Agenda Riset Nasional, RPJM & RPJP Republik Indonesia, Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dll).

Isi ARD antara lain:

Sambutan Gubernur Bengkulu

Ringkasan Esekutif

Bab I. Pendahuluan, yang mencakup latar belakang, tujuan penyusunan ARD, ruang lingkup dan faktor dominan.

Bab II. Fokus area pembangunan daerah iptek, yang mencakup arah pengembangan dan keterkaitan antar bidang.

Bab III. Agenda Riset, yang menguraikan arah kebijakan, prioritas dan target capaian untuk masing-masing bidang kajian yang terdapat dalam Jakstrada.

  1. Dokumen Agenda Riset Daerah  nantinya merupakan dokumen yang menjadi acuan bagi semua SKPD di lingkungan Provinsi Bengkulu dalam kegiatan risetnya untuk mencapai tujuan pembangunan Provinsi Bengkulu. Disusun dari hulu ke hilir.
  2. Kepada Bappeda di  lingkungan Provinsi Bengkulu, Balitbang, anggota DRD,  dan instansi terkait diharapkan memberikan kontribusi pemikiran dalam penyusunan ARD ini.

 

Masukan peserta rapat

Kalitbang:

  1.  Litbang harus bisa dikembangkan menjadi institusi  yang sepadan, sehingga perlu ada reposisi dan reformasi, agar Litbang benar-benar menjadi institusi yang berwibawa sebagai ujung tombak dalam pengambilan keputusan/kebijakan. Perlu dikembangkan simda.
  2. Perlu dikembangkan riset dari hulu ke hilir, sehingga permasalahan di Bengkulu bisa segera dipecahkan secara menyeluruh.
  3. Litbang sebenarnya sebagai ginjalnya Pemda, dengan membuat  analisis-analisis yang strategis bagi pembangunan daerah, dan rekomendasinya dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan/kebjakan di tingkat eksekutif. Riset harus dijadikan ujung tombak bagi pengambilan keputusan/kebijakan/Perda/RPJM. Perlu dikembangkan SIDa (sistem inovasi daerah). Perlu adanya kerjasama antara institusi di Bengkulu untuk membuat konsep SIDa.
  4. Menjawab kebutuhan stakeholders berupa konsep/pemikiran yang inovatif, dan networking, transformasi pemikiran, dan perlu integritas antar institusi.
  5. Perlu diinventarisasi semua permasalahan yang ada di Bengkulu, dan setelah itu perlu dikaji bagaimana memecahkan masalah tersebut.

Bank Indonesia:

Agenda rutin: 1) intinya bagaimana BI tujuan utama untuk stabilitas harga dan nilai uang (tugas pokok): kegiatan tentang intervensi telur di desa karena gejolah harga cukup tinggi, sehingga diharapkan harga stabil.

Melakukan KPJU (base line study) UKM, komoditas produk dan jasa unggulan di Bengkulu.

Bapeda Kota:

Ketahanan pangan: produk unggulan jeruk kalamangsi. Sudah promosi daerah. Perlu ada riset lebih lanjut tentang sirup untuk kesehatan, daya tahan. Pengkajian peluang investasi sedang dalam proses. Dokumen RPJM Kota Bengkulu?

BPTP (Dedi S kepala BPTP)

Potensi BPTP:

1)      Libtang pertanian sebagai kopasus (BPTP). Pengawalan kajian. BPTP sudah litbang sudah menjadi ujung tombak.

2)      Tupoksi: a) mengawal program nasional; b) program daerah; c) meneliti.

3)      Mengawal program nasional beras, swasembawa daging,kawasan horti, kawasan perhubungan. Membantu program daera, mendampingi daerah yang bisa didimpingi berkaitan dengan pertanian. Kegiatan penelitian sapi perah, potong, siska, pangan, kawasan pangan lestari, kopi, kakao sumbernya renstra daerah.

4)      Kesulitan kira2 komoditas apa yang harus dikaji, dan sulit mensosialisasikan hasil kajian. Komoditas apa yang harus dikaji, sehingga bisa sebagai landasan kebijakan.

5)      Mekanisme: matriks dan judul-judul yang akan dilakukan dan didiskusikan, mana yang prioritas. Dari matrik itu dibuat proposal, dan dijadikan bahan untuk mengusulkan ke pusat.  Perlu ada komisi teknologi.

Pak Amin

1)      DRD harus melakukan kajian tentang isu-isu yang berkembang di daerah. Daerah harus segera SIDa (belum ada legislatif).

Kamelia

1)      Hukum: terkait dengan ketahaan pangan, a) perlu ada kebijakan berorientasi kepada petani, b) perlu adanya regulasi, c) sertifikasi tanah. SDA: a) potensi sumberdaya hutan, perkebunan sangat diunggulkan tapi investasi kurang sehat. Investor vs petani perlu ada regulasi yang perlu dibuat Pemda.

2)      Potensi hutan: terkait tapal batas kab yang letaknya di hutan, penyelesaian kajian tapal batas, sd air: sangat tidak sehat. Hokum lingkunagn sampah: teknologi perlu dikaji. Sanitasi lingkungan urgen perlu dikaji termasuk kesejahteraan petani dan nelayan.

Bandi Hermawan

1)      ARD harus dibuat buku, format susun format. Perekonomian Bengkulu sebagai latar belakang (BI dan BPTP). Perlu focus:  perlu ditentukan indicator/capaian 2015 terlebih dahulu. Baru kemudian penelitian apa? Setiap bidang ada sub bidang.

Pak Helmi

1)      Dibatasi kajian yang bersifat kebijakan publik. Ketahanan pangan: permasalahan pangan perlu dikonfirmasi dengan dinas terkait dan pihak akademis.

2)      Tapal batas yang masih menjadi persoalan, perlu kajian! Masalah budaya, ketertiban warung remang-remang.

Bapedda BU

1)      Tidak ada forum. BU belum tahu ada DRD. Jadi perlu ada forum, dan perlu ada pertemuan rutin antara daerah dan provinsi, ada espos kegiatan/saling sharing.

2)      ARD: matrik ada tujuh. Dimana dokumen Jakstrada?

Satria PU

1)      Penelitian data sekunder 2009: sector unggulan Bengkulu. Ada dokumen di litbang! Dari sector unggulan sector pertanian dan industry pengolahan yang unggul. Maka perlu dikaji komodit apa yang unggul. Bisnis plan malamanci dan gula aren.

Dessi

2010: mengkaji pusat pertumbuahn ekonomi Bengkulu; 2011 1) memetakan potensi unggulan Bengkulu. RpJMD; b) program kajian agroindustri dua komoditi jeruk kalamansi dan gula semut.

BPTP

1)      Outline Jakstrada. Buat matrik dan dilaucing di website. Input, output, Buat matrik sehingga setiap …

Hardiansyah

1)      Arah transportasi agak kurang, perlu penelitian tentang hal ini! Aksen kereta api? Dampak sosial.

 

Samsir

1)      Bidang ekonomi: masalah kelautan, bagaimana masalah ekonomi kerakyatan. Kebijakan, bagaimana peningkatan PAD, pengkajian Perda. Sector BUMD mengapa rugi? SDA? Manajemen? Potensi home industry untuk meningkatan ekonomi rumah tangga/kerakyatan? Penyyebab inflansi di Bengkulu. Dunia bank: 17 bank, kenapa potensi perekonomian di bkl lemah disbanding dengan daerah lain. Masalah bank-bank daerah?

Tambahan Jakstrada

1)      Kelautan, seperti pulau-pulau kecil, dll.

2)      Pemerintahan tentang regulasi, perda, dll……

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s