Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Pantai Panjang Kini April 1, 2010

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 2:37 am
Tags: , ,

Oleh: Urip Santoso

Jika Anda menyusuri pantai panjang kini mungkin Anda akan melihat perbedaan. Pertama, sudah banyak hotel yang berdiri disana. Hotel mewah untuk ukuran Bengkulu. Syahdan, hotel-hotel disana laris manis didatangi oleh wisatawan. Keberadaan hotel di pantai panjang selain memberikan dampak positif, juga membawa dampak negatif. Hal ini tentu saja memerlukan perhatian yang serius dari Pemerintah Daerah, agar kehadiran hotel disana tidak membawa pengaruh negatif bagi lingkungan disana, baik lingkungan fisik maupun sosial.

Perubahan lain, Anda akan dengan leluasa jogging, karena telah dibangun jogging track. Juga telah dilengkapi dengan sport center. Sayangnya spor center belum digunakan secara optimal. Belum lagi digunakan, beberapa sarana dan prasarana disana sudah mulai rusak. Tentu saja ini memerlukan perawatan agar sarana dan prasarana tersebut tidak rusak percuma. Pohon cemara pun sudah mulai merimbun meskipun di beberapa lokasi masih tampak gersang.

Sekarang, jalan di pantai panjang telah tembus ke Tapak Paderi, pantai zakat dan pantai pasar bengkulu serta sampai ke sungai hitam. Sebuah jembatan telah dibangun di Pasar Bengkulu. Kini pantai zakat dan pasar bengkulu sudah mulai ramai.

Sayangnya, sekarang menjamur bangunan-bangunan yang ilegal dan kumuh. Jika hal ini tidak segera diatur, maka tujuan Pemda untuk menjadikan Pantai Panjang sebagai daerah wisata yang baik tidak akan tercapai. Selain itu, saya lihat di Pantai Pasar Bengkulu, laut telah tercemar batubara. Memang ini telah menjadi pekerjaan samping bagi penduduk setempat, tapi dalam jangka panjang akan tidak menguntungkan. Air laut yang hitam serta pantai yang hitam menjadi kurang menarik bagi wisatawan.

Selain itu, Pantai Panjang juga masih kotor. Meskipun pembersihan pantai telah diserahkan ke berbagai dinas, namun pada kenyataannya pantai masih tetap kotor. Untuk mengatasi hal ini, hendaknya Pemerintah Daerah mengikutsertakan penduduk setempat dalam pembersihan pantai (bersambung)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s