Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Program Kerja DRD dan Pokja Balitbang June 17, 2009

Filed under: Berita — Urip Santoso @ 11:12 am
Tags: , , ,

Dewan Riset Daerah ,17 Juni 2009

 Hari Rabu jam 14.00 WIB tanggal 17 Juni 2009, Dewan Riset Daerah menggelar rapat koordinasi dengan Balitbang dan Pokja (kelompok kerja) peneliti Balitbang. Tujuan pertemuan ini adalah mensinkronkan program dan kegiatan yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2009. Dalam rapat tersebut disepakati agar Dewan Riset daerah segera menyusun Kebijakan Strategis Daerah tentang Iptek dan penyusunan database penelitian di Propinsi Bengkulu. Sementara Jakstrada Iptek belum disusun, maka ada beberapa poin atau tema yang dapat dikerjakan oleh Pokja Balitbang yaitu: 1) Kajian e-government di Propinsi Bengkulu; 2) Kajian peningkatan produktivitas dan swasembada pangan (beras dan daging); 3) Pengembangan SDM tingkat menengah (SMK); 4) Energi murah dan kerawanan bencana; 5) Kawasan Ekonomi Khusus; 6) Pariwisata. Selain itu disepakati beberapa tema yang diprioritaskan dalam RPJM Provinsi Bengkulu yang antara lain kajian kerajaan Sriwijaya di Kaur dll.

 

Selain itu disepakati untuk secara bertahap Dewan Riset Daerah dan Pokja akan membangun jaringan kerjasama di wilayah lokal dan nasional. DRD juga secara bertahap akan melakukan audiensi dengan para pejabat yang bernaung di lingkungan Provinsi Bengkulu, Kota dan Kabupaten. Dengan cara ini diharapkan DRD dan Pokja dapat tersosialisasikan ke seluruh instansi. Selain dengan para pejabat negeri, DRD juga akan melakukan audiensi dengan sector swasta dan LSM.

 

Sebagai tahap pertama, DRD dan Pokja serta Kepala Balitbang Provinsi akan mengadakan audiensi ke Sekda minggu depan. Dalam audiensi ini DRD akan memaparkan program dan kegiatan DRD tahun 2009. Ada dua kegiatan yang sangat penting bagi Provinsi Bengkulu yang harus segera dibuat yaitu dokumen Kebijakan Strategis Daerah Iptek di Provinsi Bengkulu, dan Penyusunan database penelitian dan pengembangan di Provinsi Bengkulu. Dalam audiensi itu juga akan dipaparkan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan oleh Pokja Balitbang.  Selain itu, DRD juga akan memaparkan program kerja rutin tahunan. Memang, untuk tahap awal dan kegiatan operasional DRD diharapkan anggarannya dari APBD. DRD juga akan secara bertahap mencari jaringan kerjasama sehingga anggaran untuk kegiatan DRD tidak bergantung kepada anggaran APBD saja. (drd).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s