Jurnal Bengkulu Mandiri

Membangun Bengkulu Menuju Budaya Riset

Hasil Kunjungan Kerja DRD ke DRN Tanggal 14 Mei 2012 May 21, 2012

Filed under: Umum — Urip Santoso @ 6:36 am
Tags: ,

Latar Belakang

Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Bengkulu, Dewan Riset Daerah provinsi Bengkulu mempunyai tugas sbb:

1. memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah untuk menyusun dan merumuskan arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu di bidang IPTEKS;

2. mendukung Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu melakukan koordinasi di bidang IPTEKS dengan Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu;

3. Melakukan evaluasi terhadap proposal dan hasil penelitian dan pengembangan dari dana yang bersumber dari APBD.

Untuk tugas point 1. DRD telah menyusun Kebijakan Strategis Pembangunan Daerah (Jakstrada) Iptek 2011-2015, sedang menyusun Agenda Riset Daerah yang sudah dimulai tahun 2011 dan  memberikan pemikiran tentang solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Untuk tugas point 2. DRD telah melakukan koordinasi dengan kabupaten, kota dan provinsi, dan memberikan masukan tentang pentingnya riset/kajian bagi perencanaan dan pembangunan daerah. Sosialisasi DRD telah dilakukan secara intensif baik melalui pertemuan, lokakarya dan diskusi, media elektronik seperti blog dan TVRI, media cetak seperti rakyat Bengkulu, kunjungan langsung ke kabupaten/kota dan bentuk-bentuk sosialisasi lainnya. Hasil kegiatan ini adalah DRD Bengkulu sudah dikenal oleh para stakeholders di Provinsi Bengkulu. Sampai tahun 2012 DRD belum berperan dalam tugas point 3.

Adapun fungsi DRD Provinsi Bengkulu adalah:

Memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu berupa pemikiran dalam rangka:

a. Pemetaan kebutuhan IPTEKS;

b. Mencari, memenuhi, merumuskan kebijakan dan arah pembangunan IPTEKS sesuai potensi keunggulan yang dimiliki;

c. Menentukan prioritas utama dan peringkat kepentingan permasalahan riset IPTEKS;

d. Pemantauan, penilaian, evaluasi terhadap arah kebijakan IPTEKS.

Sampai dengan tahun 2012, DRD melaksanakan fungsi point b. dengan telah diterbitkannya Jakstrada Iptek 2011-2015 dan sedang menyusun Agenda Riset Daerah tahun 2012-2015. Terkait dengan fungsi point a. dan d., DRD baru pada tahap inventarisasi riset yang telah dilakukan di Provinsi Bengkulu.

Selain tugas pokok dan fungsi DRD yang dijabarkan dalam Peraturan Gubernur, sejatinya DRD mempunyai peran penting sebagai mediator antara Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha. Peran ini sedang dirintis oleh DRD, yaitu dengan cara membangun jejaring/mitra kerja. Berdasarkan uraian di atas, maka DRD Provinsi Bengkulu baru melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagian saja. Oleh sebab itu, wajar jika peran DRD Bengkulu dalam pembangunan daerah masih belum dirasakan secara langsung. Jika dicermati memang tugas pokok dan fungsi DRD tidak akan dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Sosialisasi yang dilakukan DRD kepada pejabat eselon 2, 3 dan 4 baik di kabupaten/kota maupun provinsi setidak-tidak diharapkan akan mengubah orientasi para pejabat tersebut.Paling tidak di tahap awal mereka telah memahami pentingnya riset bagi perencanaan dan pembangunan daerah.

Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh DRD dalam melaksanakan tugasnya, antara lain:

1) —Anggaran yang tersedia baru sebatas untuk kegiatan operasional, padahal DRD perlu mengkaji beberapa isu strategis di Bengkulu untuk memberikan rekomendasi kepada Gubernur.

2) —DRD belum mengelola keuangan secara mandiri dikarenakan lembaga nonstruktural tidak dibenarkan mengelola anggaran APBD secara mandiri.

3) —Hasil kegiatan DRD berupa pemikiran di bidang Iptek belum dijadikan landasan dalam perencanaan.

4) —Lemahnya koordinasi DRD baik internal maupun eksternal.

5) Belum tersedianya data dasar  yang terintegrasi di Provinsi Bengkulu.

Memang target DRD periode 2009-2013 ini dikonsentrasikan pada: 1) meletakkan dasar-dasar kebijakan IPTEK di Provinsi Bengkulu (Jakstrada & Agenda Riset Daerah); 2) sosialisasi DRD ke seluruh kabupaten dan kota selingkung Provinsi Bengkulu; 3) memberikan solusi tentang beberapa masalah yang dihadapi oleh masyarakat Bengkulu melalui telaah pustaka dan focus group discussion; 4) menata tatapamong DRD.

Dewan Riset Daerah dalam kaitannya dengan peningkatan mutu kelembagaan telah melakukan kunjungan kerja ke Dewan Riset Nasional. Penguatan kelembagaan DRD sangat penting artinya bagi peningkatan mutu layanan dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DRD. Disadari bahwa DRD Provinsi Bengkulu belum secara optimal melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Oleh sebab itu dalam rangka perbaikkan pengelolaan program, kegiatan dan anggaran perlu dilakukan konsultasi ke DRN.

Tujuan

1) meningkatkan hubungan kerja dengan DRN sebagai dewan riset tingkat nasional.

2) aktivitas di DRN yang dapat ditindaklanjuti oleh DRD.

3) sistem pengelolaan program, kegiatan dan anggaran DRN.

4) contoh Agenda Riset Daerah.

5) informasi tentang dokumen-dokumen yang dihasilkan oleh DRN.

6) mempelajari program dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh DRD Bengkulu.

7) konsultasi tentang optimalisasi kegiatan DRD.

8) Hal atau dokumen lain yang dapat diakses oleh DRD.

Hasil Kunjungan Kerja

1)      Pengurus dan anggota DRN periode 2012-2014 telah terpilih berdasarkan Keputusan Menteri Negara Riset dan teknologi Republik Indonesia nomor 72/M/Kp/2012tanggal 30 Januari 2012. Pada kepengurusan periode ini telah terjadi perampingan anggota DRN menjadi 54 anggota yang didistribusikan ke dalam 8 Komisi Teknis (Komtek). Adapun ke delapan komtek tersebut adalah Pangan dan Pertanian, Eenergi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Transportasi, teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Kesehatan dan Obat, Teknologi Material Maju dan Sosial humaniora. Adapun focus tugas DRN periode 2012-2014 adalah sebagai berikut: a) Merumuskan Agenda Riset nasional (ARN); b) merumuskan arah dan prioritas utama pembangunan iptek; c) memberikan berbagai peimbangan kepada Menteri dalam penyusunan Kebijakan Strategis Nasional Iptek, Sistem Inovasi Nasional (SINas), dan kebijakan strategis Iptek lainnya; d) pemantauan umum perkembangan Iptek dan; e) menjalin hubungan kemitraan dengan Dewan Riset daerah (DRD) dalam kerangka harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan Sistem Inovasi di tingkat nasional dan daerah.

2)      Komisi teknis DRN secara rutin melakukan pertemuan sebanyak 7x/tahun, sehingga ada 56 pertemuan komisi teknis per tahun. Rapat Komisi Teknis membahas tentang isu strategis dan permasalahan serta solusi pada masing-masing komisi teknis. Komisi Teknis dapat mengundang pakar dari luar DRN jika di dalam DRN tidak ada pakar sesuai dengan focus bidang kajian. Focus Group Discussion (FGD) juga dilakukan lintas komisi teknis. Ini dapat dilakukan jika permasalahan yang terjadi memerlukan pemecahan lintas komisi teknis. Selain FGD, Komisi teknis juga mengadakan workshop atau lokakarya. Setiap rapat menghasilkan polisi kebijakan.

3)      Hasil FGD dan workshop/lokakarya Komisi Teknis dan lintas komisi teknis kemudian dirumuskan dan disampaikan kepada Menteri. Menteri kemudian menyampaikan rekomendasi DRN kepada institusi terkait. Hasil komisi teknis berupa catatan kebijakan. Rapat paripurna dilakukan sebanyak 3x/tahun. Dalam rapat paripurna ini setiap komisi teknis memaparkan hasil FGD/workshop, dan kemudian dikompilasi menjadi rekomendasi terintegrasi. Selain itu, paripurna juga membahas internal DRN. Hasil paripurna berupa laporan kebijakan yang kemudian disampaikan ke Menteri.

4)      Pada dasarnya tidak ada anggaran di DRN yang dapat diturunkankepada DRD. Namun, DRN dapat memfasilitasi DRD untuk membangun jejaring dengan Ristek dan Balitbang yang ada di setiap departemen.

5)      Terkait dengan SIDa, DRN menyarankan agar pembentukan SIDa di Provinsi Bengkulu hendaknya didasarkan kepada kebutuhan pasar, bukan keinginan pejabat atau keinginan penyusun SIDa. Untuk itu diperlukan program SIDa yang mendasarkan diri kepada potensi daerah dan kebutuhan pasar.

6)      Terkait dengan pengembangan DRD di Provinsi Bengkulu, DRN menyarankan agar DRD membahas isu-isu strategis/actual. Disamping itu, DRD perlu menyusun rekomendasi di bidang iptek berdasarkan RPJMD Provinsi Bengkulu dan RPJMD Kabupaten/Kota. Selain itu, perlu diperhatikan isu-isu yang dikemukakan oleh gubernur. Selagi itu rasional dan sesuai dengan kebutuhan daerah, maka DRD dapat memfasilitasi. Oleh sebab itu, DRD dapat mengadakan FGD tentang isu-isu strategis, dan publikasi  opini untuk mengatasi masalah di Provinsi Bengkulu. Agar rekomendasi DRD akurat bila dibutuhkan DRD dapat turun langsung ke lapangan/masyarakat.

7)      Agenda Riset Daerah yang disusun DRD disarankan agar ARD tersebut berisi kegiatan riset daerah  yang bisa diangkat secara nasional, atau unggulan yang unik yang dapat digunakan untuk merintis kerjasama tingkat nasional.

8)      Terakhir DRN menyampaikan bahwa dalam tahun 2012 ini direncanakan DRN akan berkoordinasi dengan DRD Provinsi Bengkulu.

9)      Bengkulu dapat mengembangkan SIDa yang khas/unik tetapi pasarnya menjanjikan.

Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil kunjunagn kerja DRD ke DRN dapat direkomendasikan hal-hal berikut ini:

1)      DRD perlu mengundang DRN dalam rangka meningkatkan kinerja DRD;

2)      Agenda Riset Daerah yang disusun hendaknya mengacu kepada ARN dan potensi daerah yang unik, dibutuhkan oleh pasar dan bisa diangkat secara nasional.

3)      DRD perlu mengadakan FGD mengenai isu-isu strategis, dan hasil FGD merupakan catatan kebijakan dan berupa nota dinas yang harus disampaikan kepada Gubernur.

4)      DRD perlu secara intensif mengadakan audiensi dengan Gubernur.

5)      DRD perlu melakukan rapat paripurna minimal 2x/tahun.

6)      SIDa berbasis keunikan local tetapi mempunyai pasar yang menjanjikan antara lain adalah pengembangan sidat, gula aren sebagai gula semut, wisata pantai.

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s